Jumat, 11 Januari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                             Nama Sekolah          :     SMP TUNAS BARU JIN-SEUNG
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII-C  (Tujuh C)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi                  :  ALJABAR           
                                                      4.      Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                        :     4.1.                  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya.

Indikator                           :  1.      Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
2.            Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
3.            Menyatakan notasi himpunan.
4.            Mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Alokasi Waktu                           :  2 X 40 menit  (1x pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
b.      Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
c.       Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d.      Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.    

B.      Materi Ajar
        
         Himpunan:
         -     Menyatakan suatu  himpunan.

C. KARAKTER YANG DIHARAPKAN :
-          Religius
-          Disiplin                                          - Mandiri
-          Rasa ingin tahu                             - Jujur
-          Kerja keras                                    - Percaya diri
-          Demokratis                                    - Teliti             
-          Kreatif                                           - Tekun
-          Komunikatif                                  - Sosialis
            -    Tanggung jawab


D.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.


D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pertemuan Pertama
        
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       - Menngingatkan kembali siswa tentang pengertian himpunan.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti
a.       Peserta didik dibrikan pengetahuan tentang beberapa cara untuk menyatakan himpunan
Mulai dari menyatakan dengan kata-kata, notasi pembentuk dan mendaftarkan anggota.

b.      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya dan beberapa himpunan bilangan,  kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
      
c.       Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya..

         Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman materi yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan beberapa soal Latihan yang berupa uraian.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Paket Matematika 1A penerbit Bumi Aksara.
-        Buku referensi lain.

Alat :
-                Spidol
-                Papan Tulis
-                Penggaris

F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : Tugas individu.
               Bentuk Instrumen : Uraian singkat

Contoh Instrumen : 

1.            Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.(Bobot nilai 5)
Jawab : mis : -himpunan benda mati
                     -himpunan siswa laki-laki
                     -himpunan siswa perempuan, dll

2.            Dengan cara kata-kata daftarkanlah himpunan siswa laki-laki dan perempuan yang ada dikelasmu dan sebutkan nama anggota-anggotanya.(Bobot nilai 5)
Jawab : misalnya  : -himpunan siswa laki-laki ={andi,budi,tono,dll}
                              -himpunan siswa perempuan ={ani,linda,lina,tari,dll}

3.      Dengan cara notasi pembentuk himpunan nyatakanlah himpunan-himpunan dibawah ini.(Bobot nilai 40)
         a. Himpunan bilangan genap yang kurang dari 12 : G = {x l x < 12, x € bil genap}
b. Himpunan bilangan asli antara 3 sampai 15 : A = {x l 15 > x > 3, x € bil. asli}
         c. Himpunan bilangan genap antara 3 sampai 20 : G = {x l 20 > x > 3, x € bil. Genap}
         d. Himpunan bilangan prima antara 1 sampai 21: P = { x l 21 > x > 1, x € bil. prima }

4.     Dengan cara mendaftarkan anggota-anggotanya daftarkanlah himpunan-himpunan dibawah ini; (Bobot nilai 40)
         a. A adalah himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 15 : A = {1,3,5,7,9,11,13}
         b. B adalah himpunan hari-hari dalam satu minggu yang  huruf awalnya dimulai dengan S.
S = {Senin, Selasa,Sabtu}
         c. D = z l z < 10 , z € bilangan ganjil} : D = {1,3,5,7,9}
d. A = { x l x < 4, x € bilangan cacah}: A= {0,1,2,3}

5.  Bilangan C adalah himpunan nama-nama benda yang ada di dalam kelas VII-C, maka nyatakanlah himpunan C tersebut dengan mendaftarkan nama-nama barang dan nyatakan juga dengan notasi pembentuk himpunan.(Bobot nilai 10)
Jawab :  C = {x l x = nama-nama benda yang ada dikelas VII-C}
              C = {kursi,meja,papan tulis,penghapus,gambar,...}

        

        




                                                        
                                                                                                                 Batam, 14 Januari 2013
                             
                Mengetahui,                                                                                        Mahasiswa PPL
           Pamong






     _NORA JULIANA SITORUS,S.Si                                                DELIMA PANJAITAN
     NIP.                                                                                              NPM. 09.05.0.148




TUGAS INDIVIDUAL

NAMA                                   :
KELAS                                  :
MATA PELAJARAN          :
UMUR                                   :


1.      Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.

2.      Dengan cara kata-kata daftarkanlah himpunan siswa laki-laki dan perempuan yang ada dikelasmu dan sebutkan nama anggota-anggotanya.

3.      Dengan cara notasi pembentuk himpunan nyatakanlah himpunan-himpunan dibawah ini.
         a. Himpunan bilangan genap yang kurang dari 12
         b. Himpunan bilangan asli antara 3 sampai 15
         c. Himpunan bilangan genap antara 3 sampai 25
         d. Himpunan bilangan prima antara 1 sampai 21

4.     Dengan cara mendaftarkan anggota-anggotanya daftarkanlah himpunan-himpunan dibawah ini:
         a. A adalah himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 15
         b. B adalah himpunan hari-hari dalam satu minggu yang  huruf awalnya dimulai dengan S.
         c. D = z l z < 10 , z € bilangan ganjil}
         d. A = { x l x < 4, x € bilangan cacah}

5.  Bilangan C adalah himpunan nama-nama benda yang ada di dalam kelas VII-C, maka nyatakanlah himpunan C tersebut dengan mendaftarkan nama-nama barang dan nyatakan juga dengan notasi pembentuk himpunan.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar