Nama Sekolah : SMP
TUNAS BARU JIN-SEUNG
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII-C
(Tujuh C)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 4.1. Memahami pengertian dan notasi
himpunan, serta penyajiannya.
Indikator : 1. Menyatakan masalah sehari-hari dalam
bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
2.
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
3.
Menyatakan notasi himpunan.
4.
Mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
Alokasi Waktu : 2 X 40
menit (1x pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam
bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
b.
Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan.
c.
Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d.
Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol
serta notasinya.
B. Materi Ajar
Himpunan:
- Menyatakan suatu himpunan.
C. KARAKTER
YANG DIHARAPKAN :
-
Religius
-
Disiplin - Mandiri
-
Rasa ingin tahu -
Jujur
-
Kerja keras -
Percaya diri
-
Demokratis -
Teliti
-
Kreatif -
Tekun
-
Komunikatif -
Sosialis
- Tanggung jawab
D. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Menngingatkan kembali siswa
tentang pengertian himpunan.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik dibrikan pengetahuan tentang beberapa cara
untuk menyatakan himpunan
Mulai dari menyatakan
dengan kata-kata, notasi pembentuk dan mendaftarkan anggota.
b.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi
oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan
beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi
himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta
notasinya dan beberapa himpunan bilangan, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
c.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk
himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan,
notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol
serta notasinya..
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman materi yang telah
dipelajari.
b.
Peserta didik diberikan beberapa soal Latihan yang berupa
uraian.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Paket Matematika
1A penerbit Bumi Aksara.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Spidol
-
Papan Tulis
-
Penggaris
F. Penilaian
Teknik
: Tugas individu.
Bentuk
Instrumen : Uraian singkat
Contoh Instrumen :
1.
Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek yang merupakan
himpunan.(Bobot nilai 5)
Jawab : mis : -himpunan benda mati
-himpunan siswa
laki-laki
-himpunan siswa
perempuan, dll
2.
Dengan cara kata-kata daftarkanlah himpunan siswa
laki-laki dan perempuan yang ada dikelasmu dan sebutkan nama
anggota-anggotanya.(Bobot nilai 5)
Jawab : misalnya : -himpunan siswa
laki-laki ={andi,budi,tono,dll}
-himpunan siswa perempuan
={ani,linda,lina,tari,dll}
3. Dengan cara notasi pembentuk himpunan
nyatakanlah himpunan-himpunan dibawah ini.(Bobot nilai 40)
a. Himpunan bilangan genap yang kurang
dari 12 : G = {x l x < 12, x € bil genap}
b. Himpunan bilangan asli antara
3 sampai 15 : A = {x l 15 > x > 3, x € bil. asli}
c. Himpunan bilangan genap antara 3
sampai 20 : G = {x l 20 > x > 3, x € bil. Genap}
d. Himpunan bilangan prima antara 1
sampai 21: P = { x l 21 > x > 1, x € bil. prima }
4. Dengan cara mendaftarkan
anggota-anggotanya daftarkanlah himpunan-himpunan dibawah ini; (Bobot nilai 40)
a. A adalah himpunan bilangan ganjil
yang kurang dari 15 : A = {1,3,5,7,9,11,13}
b. B adalah himpunan hari-hari dalam
satu minggu yang huruf awalnya dimulai
dengan S.
S = {Senin,
Selasa,Sabtu}
c. D = z l z < 10 , z € bilangan
ganjil} : D = {1,3,5,7,9}
d. A = { x l x < 4, x €
bilangan cacah}: A= {0,1,2,3}
5. Bilangan
C adalah himpunan nama-nama benda yang ada di dalam kelas VII-C, maka
nyatakanlah himpunan C tersebut dengan mendaftarkan nama-nama barang dan
nyatakan juga dengan notasi pembentuk himpunan.(Bobot nilai 10)
Jawab : C =
{x l x = nama-nama benda yang ada dikelas VII-C}
C = {kursi,meja,papan tulis,penghapus,gambar,...}
Batam, 14 Januari 2013
Mengetahui, Mahasiswa PPL
Pamong
_NORA
JULIANA SITORUS,S.Si DELIMA PANJAITAN
NIP. NPM. 09.05.0.148
TUGAS INDIVIDUAL
NAMA :
KELAS :
MATA PELAJARAN :
UMUR :
1. Di dalam kelasmu, sebutkan kumpulan obyek
yang merupakan himpunan.
2. Dengan cara kata-kata daftarkanlah himpunan
siswa laki-laki dan perempuan yang ada dikelasmu dan sebutkan nama anggota-anggotanya.
3. Dengan cara notasi pembentuk himpunan
nyatakanlah himpunan-himpunan dibawah ini.
a. Himpunan bilangan genap yang kurang
dari 12
b. Himpunan bilangan asli antara 3
sampai 15
c. Himpunan bilangan genap antara 3
sampai 25
d. Himpunan bilangan prima antara 1
sampai 21
4. Dengan cara mendaftarkan
anggota-anggotanya daftarkanlah himpunan-himpunan dibawah ini:
a. A adalah himpunan bilangan ganjil
yang kurang dari 15
b. B adalah himpunan hari-hari dalam
satu minggu yang huruf awalnya dimulai
dengan S.
c. D = z l z < 10 , z € bilangan
ganjil}
d. A = { x l x < 4, x € bilangan
cacah}
5. Bilangan
C adalah himpunan nama-nama benda yang ada di dalam kelas VII-C, maka
nyatakanlah himpunan C tersebut dengan mendaftarkan nama-nama barang dan
nyatakan juga dengan notasi pembentuk himpunan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar