Sebagai bahan renungan bersama :
http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1587367605560245194#editor/target=post;postID=7575921628208114486
Permasalahan
yang biasanya dihadapi mahasiswa dalam proses penulisan skripsi
diantaranya kesulitan mencari literatur, dana yang terbatas, tidak
terbiasa menulis dalam arti menulis karya ilmiah, kurang terbiasa dengan
sistem kerja terjadwal dengan pengaturan waktu sedemikian ketat dan
masalah dengan dosen pembimbing skripsi (Darmono dan Hasan, 2005).
Banyaknya mahasiswa yang tidak mempunyai kemampuan dalam tulis menulis,
adanya kemampuan akademis yang kurang memadai, serta kurang adanya
ketertarikan mahasiswa dalam penelitian (Slamet, 2003).
Kesulitan–kesulitan tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan stress
rendah diri, frustrasi, kehilangan motivasi, menunda penyusunan skripsi
dan bahkan ada yang memutuskan untuk tidak menyelesaikan skripsinya.
Gejala stress yang banyak ditunjukkan
oleh mahasiswa antara lain gangguan tidur seperti kesulitan tidur,
sering terlihat cemas, mudah marah, dan ada beberapa mahasiswa yang
menunjukkan gejala gangguan daya ingat yang ditunjukkan dengan seringnya
mahasiswa lupa pada janji bimbingan dengan dosen pembimbing skripsi.
Menurut penelitian Mujiyah dkk (2001)
diperoleh bahwa kendala-kendala yang biasa dihadapai mahasiswa dalam
menulis tugas akhir skripsi adalah kendala internal yang meliputi malas
sebesar (40%), motivasi rendah sebesar (26,7%), takut bertemu dosen
pembimbing sebesar (6,7%), sulit menyesuaikan diri dengan dosen
pembimbing skripsi sebesar (6,7%). Kendala eksternal yang berasal dari
dosen pembimbing skripsi meliputi sulit ditemui sebesar (36,7%),
minimnya waktu bimbingan sebesar (23,3%), kurang koordinasi dan kesamaan
persepsi antara pembimbing 1 dan pembimbing 2 sebesar (23,3%), kurang
jelas memberi bimbingan sebesar (26,7%), dan dosen terlalu sibuk sebesar
(13,3%). Kendala buku–buku sumber meliputi kurangnya buku–buku
referensi yang fokus terhadap permasalahan penelitian sebesar (53,3%),
referensi yang ada merupakan buku edisi lama sebesar (6,7%). Kendala
faslitas penunjang meliputi terbatasnya dana dengan materi skripsi,
kendala penentuan judul atau permasalahan yang ada sebesar (13,3%),
bingung dalam mengembangkan teori sebesar (3,3%). Kendala metodologi
meliputi kurangnya pengetahuan penulis tentang metodologi sebesar (10%),
kesulitan mencari dosen ahli dalam bidang penelitian berkaitan dengan
metode penelitian dan analisis validitas instrumen tertentu sebesar
(6,7%).
Sumber : Januarti, R. 2009. Hubungan
antara Persepsi terhadap Dosen Pembimbing dengan Tingkat Stress dalam
Menulis Skripsi [Skripsi]. Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar